Cara Menyelamatkan Data di Windows 7 Yang Gagal Booting


Pernahkah Anda mengalami kejadian dimana Komputer Windows 7 Anda gagal booting ? Anda tidak bisa masuk ke sistem Windows karena Windows mengalami eror/kerusakan yang mengakibatkannya meminta Anda untuk memperbaikinya dengan cara menampilkan starup repair.

Mungkin bisa saja Anda akan mencoba memperbaikinya dengan berbagai macam cara namun bila cara – cara yang anda tempuh tersebut tidak membuahkan hasil maka jalan satu – satunya adalah dengan melakukan install ulang sistem operasi komputer dan itu akan menghapus seluruh Data yang belum sempat Anda pindahkan dari sistem, biasanya sistem operasi ditanam di drive C:\ dan biasanya disana juga terdapat folder users seperti My Documents, MyPicture dll yang juga biasanya sering digunakan oleh users sebagai tempat untuk menyimpan file,
folder users di windows7


Kalau ceritanya seperti itu maka, kita tidak mungkin bisa gegabah mengambil tindakan install ulang karena kita harus melaukan proses penyelamatan data terlebih dahulu. Saya sendiri sebenarnya tidak pernah mau ribet dengan urusan seperti ini namun selagi komputer masih bisa menyala maka saya juga pasti akan melakukan install ulang kecuali untuk masalah Explorer exe Menghilang, Windows Jadi Ngeblank saya menundanya karena saya masih bisa menjalankan windows.


Untuk dapat melakukan proses penyelamatan data di windows 7 yang gagal booting maka kita harus mengakses drive/hardisk komputer secara langsung dan untuk bisa melakukan itu semua kita bisa menggunakan Hiren’s BootCD. Untuk lebih jelasnya sebelum Anda mencoba cara ini sebaiknya Anda pelajari dulu beberapa hal diantaranya :

1. Mengenal Hiren’s BootCD

2. Booting Hiren’s BootCD Dari Flashdisk

Jadi sekali lagi saya sarankan Anda untuk mempelajari 2 (dua) point diatas terlebih dahulu supaya pembahasan bisa lebih dipersempit dan nyambung. Saya asumsikan Anda sudah mempelajari kedua point diatas dan telah siap untuk Menyelamatkan Data di Windows7 Yang Gagal Booting 

  1. Masukan CD atau Flashdisk yang berisi Hiren’s BootCD ke Komputer. 
  2. Kemudian masuk ke bios. Untuk masuk ke bios Laptop/Notebook biasanyadengan cara menekan F2 pada saat komputer starup, tapi itu juga tergantung dari jenis biosnya 
  3. Setelah masuk ke menu bios, carilah menu yang berhubungan dengan “BOOT”kemudian Set Boot pertama atau first boot ke CD/Flashdisk. Simpan pengaturannya dengan cara menekan tombol F10 
  4.  Bila sudah diseting dengan benar maka nanti Anda akan dibawa ke menuHiren’s
  5. Disana nanti terdapat banyak pilihan (tergantung versi hiren’s yang anda
    gunakan). Pilih menu “Mini Windows XP” dan Anda akan langsung dibawa ke jendela Mini Windows XP

Bila sudah berada di Mini Windows XP Anda bisa dengan leluasa mengakses data dari drive/hardisk komputer secara langsung. Walaupun sebenarnya untuk masuk dan mengakses sebuah drive komputer di sistem windows itu membutuhkan autentifikasi dimana Anda harus login terlebih dahulu (bila windows menggunakan password) ke windows tapi, bila Anda menggunakan Hiren’s Anda bisa langsung mengakses drive komputer tanpa harus login terlebih dahulu, ini memang terlihat seperti melakukan baypass pada sebuah sistem komputer tapi saya rasa ini tidak akan jadi masalah bila itu dilakukan pada komputer Anda sendiri


Anda bisa saja mengakses hardisk secara langsung dengan cara mencopot hardisk dan mengaksesnya di komputer lain, kalau untuk PC (Personal Computer) mungkin tidak akan jadi masalah karena mencopot hardisk di PC relatif lebih mudah namun kalau seandainya ini terjadi pada Laptop/Notebook maka proses pencoptan hardisk ini akan sedikit memakan waktu karena terkadang desain atau penempatan sebuah hardisk di Laptop/Notebook itu berbeda – beda, ada yang cukup dengan membuka bagian belakang saja dan ada juga yang perlu sampai membuka seluruh bagain casing/CPU seperti di Cara Memperbaiki Notebook Yang Restart Teurs dan Tidak Bisa Masuk Bios itu sangat merepotkan karena saya harus banyak melakukan banyak pembongkaran hanya untuk mengambil sebuah hardisk atau juga Anda bisa menggunakan Cara Mengembalikan Data Yang Hilang Menggunakan GetDataBack 4.00 tapi saya rasa itu juga sangat merepotkan apalagi bila Anda masih punya pilihan lain seperti dengan cara yang telah saya jelaskan diatas.



Selamat mencoba, semoga berhasil dan semoga bermanfaat…

12 Responses to "Cara Menyelamatkan Data di Windows 7 Yang Gagal Booting"

  1. kebetulan windows 7 suka booting nih.
    langsung dipelajari dan siap di praktekin

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan lupa diamankan ya mas lembu :) wkwkwkw

      Delete
  2. wah berarti kudu download Hiren’s BootCD nya dulu mas.
    untuk jaga2 agar data data tidak hilang disaat terjadi kerusakan pada PC

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya rasa demikian mas wong :)

      Delete
    2. betuil betul mas

      Delete
    3. silahkan download aja mas di situs resmi Hiren's,,, insyallah bermanfaat

      Delete
  3. cara menggunakannya harus melewati bios ya, kirain bisa langsung melalui explorer :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah, kalau windowsnya bisa masuk safe modemah bisa langsung explore kang,,,

      Delete
  4. saya pelajari dulu ya mas mungkin saya perlukan sewaktu-waktu ya mas :)
    kalo saya biasanya langsung instal ulang sih.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mas, izin dari saya :) hehehe

      Delete
  5. saya sering menjumpai di tempat job saya kan mas, kebiasaan masalah booting oke, akan tetapi pada windows 7 saya tes ke nootbook alhasil kalo windows 7 ultimate selalu eroor disaat instalation sudah masuk proses 50 % keatas, tapi kalo windows Xp jalannya lancar mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti DVD installernya aja kang,,, atau nginstalnya dari flashdisk aja,,, biasanya kalau flashdikmah rada cepet...

      Delete

Komentar yang Anda kirim akan terlebih dahulu di moderasi oleh Admin